Steam Boiler - Apa itu Steam Boiler

 

STEAM BOILER


Apa Itu Steam Boiler?

Apa Itu Steam Boiler? – Anda mungkin terkejut mendengar bahwa berbagai bagian kehidupan kita sehari-hari terhubung dengan Steam Boiler!  Makanan yang kita makan, pakaian yang kita kenakan, dan bahkan air yang kita gunakan semuanya dipengaruhi oleh Steam boiler.

Industri yang berbedabergantungpadamemiliki boiler dalam pengaturan mereka dan mereka bahkan dapat membantu untuk keperluan perumahan juga! Tapi apa itu Steam boiler dan bagaimana cara kerjanya? Kami hadir untuk menjawab semua pertanyaan Anda di artikelini. Baca terus untuk mengetahui lebih lanjut tentang Steam boiler dan penggunaannya dalam kehidupan kita sehari-hari.

Apa Itu Steam boiler?

Steam boiler (juga dikenal sebagai Ketel) adalah system pertukaran panas yang menghasilkan uap untuk penggunaan luar. Bejana ini berisi satu set tabung dan dua bagian lainnya, satu untuk membakar dan yang lainnya untuk menampung air. Ini adalah komponen utamate tapi sistemnya jauh lebih rumit dari itu dan mengandung banyak komponen lain yang bersama-sama membantu mencapai hasil yang diinginkan.


Untuk Apa Steam Boiler Digunakan?

Tugas utama Steam boiler adalah menghasilkan uap. Steam boiler sangat penting setiap kali Anda ingin membuat panas atau uap. Ketel ini bias kecil atau besar tergantung pada tugas yang dirancang untuk itu. Apakah itu untuk penggunaan komersial atau penggunaan industri, boiler ada sebagai bagian penting dari proses.

Steam boiler dapat digunakan untuk menghasilkan listrik, mengolah makanan, memproduksi bahan kimia, membuat pulp dan kertas, dan bahkan merupakan bagian penting dari industri fashion untuk membantu proses pewarnaan. Ini hanyalah beberapa tugas besar Steam boiler, belum lagi membuat permen kecil pun mungkin memerlukan Steam boiler! Jadi, mereka memainkan peranbesar dalam kehidupan kita sehari-hari.

BOILER


Jenis Steam boiler

Steam boiler memiliki jenis yang berbeda – beda tetapi ada dua yang dasar dan yang lainnya merupakan perpanjangan dari keduanya yaitu Firetube boiler dan Water tube boiler.


Fire Tube Boiler atau Ketel Pipa Api

Pada boiler jenis ini, gas pembakaran mengalir di dalam tabung dan mentransfer panas ke air. Mereka dapat dikategorikan ke dalam jumlah lintasan, yang berarti berapa kali gas mengalir di sekitar bejana untuk mentransfer panas ke air. Dua zona telah dirancang untuk turn around yaitu Dryback dan Waterback.


Water Tube Boiler atau Ketel Pipa Air

Pada boiler jenis ini, tabung berisi air yang mengalir dan gas buang berada di sisi cangkang yang melewati permukaan tabung untuk mempengaruhi suhu air di dalam tabung. Boiler tabung air digunakan di tempat-tempat yang memiliki tekanan uap tinggi karena dapat menahan tekanan internal yang lebih tinggi dari pada cangkang ruang dalam jenis tabung api.

Tekanan uap untuk jenis ini bisa mencapai 3.000 psi atau kadang-kadang bahkan lebih tinggi. Boiler tabung air juga mampu menghasilkan uap jenuh atau super panas untuk kegunaan yang berbeda terutama untuk proses yang melibatkan uap kering, energi tinggi dan tekanan tinggi seperti pembangkit listrik turbin uap.


Bagian Dan Komponen Steam Boiler

Boiler yang berbeda mungkin memiliki desain yang berbeda, tetapi tiga bagian utama tetap sama dalam berbagai desain seperti ruang bakar, penukar panas dan burner. Sekarang, kami akan menjelaskan secara singkat masing-masing.

1. Ruang Bakar

Ruang ini, biasanya terbuat dari besi tuang, bertanggung jawab untuk membakar bahan bakar di dalamnya. Panas yang dihasilkan oleh ruang ini ditransfer kebagian penukar panas dari sistem. plus, suhu di dalam ruang bakar dapat ditingkatkan hingga beberapa ratus derajat dalam waktu singkat.

2. Penukar Panas

Serangkaian saluran pembuangan menyaring air di sekitar ruang bakar dalam sistem boiler hidronik. Selanjutnya air mendidih yang telah diberi tekanan akan dipompa melalui pipa-pipa menuju heater atau radiator dan energy panas yang dihasilkan boiler akan dipisahkan dari air.

3. Pembakar

Ketika system diperlukan untuk menghasilkan panas, thermostat akan mengirimkan sinyal elektronik ke burner untuk mengaktifkan reaksi. Burner adalah bagian yang memulai reaksi pembakaran di dalam boiler. Sumber eksternal dengan bantuan mekanisme filter memompa bahan bakar ke boiler.


Bagaimana Cara Kerja Steam Boiler?

Steam boiler terutama bekerja dengan cara yang sama. Mereka menciptakan reaksi pembakaran antara bahan bakar dan udara untuk menyalakan api kedalam tabung yang berbeda.  Panas yang dihasilkan dari reaksi ini dipindahkan dari tabung kedalam air dan air menguap menjadi uap. Uap yang dihasilkan kemudian akan digunakan untuk aplikasi pemanasan tertentu. Uap tersebut kemudian dikondensasikan kembali kedalam air sebagai kondensat dan dapat dikumpulkan dan dikembalikan ke boiler.

Demikian ulasan tentang steam boiler.

Untuk kebutuhan Boiler pada industri anda, Bisa menghubungi kami pada Nomor Telepon/WA 081515447692.


 

Cyclone dust collector


Pages